ANTISIPASI KEJAHATAN BERKENDARA DENGAN TAKSI

taksi

Gambar 1. Taksi (bisnis.news.viva.co.id)

 Kasus kejahatan yang terjadi di taksi yang terjadi pada hari minggu tanggal 7 Desember 2014 kembali membuat masyarakat risau. Namun pihak pemerintah yaitu Dinas Perhubungan tidak tinggal diam terhadap situasi tersebut, Dinas Perhubungan segera menggelar aksi razia terhadap taksi sebagai respon terhadap kejadian hari minggu kemarin lusa tersebut. Razia tersebut memeriksa identitas dan surat-surat kelengkapan sopir dalam berkendara dan mengemudikan taksi.

Bagi masyarakat tidak perlu cemas jika anda termasuk pengguna taksi, berikut beberapa tips yang harus anda perhatikan dalam menggunakan taksi sebagai angkutan umum.

Tips Aman Menggunakan Taksi :

1. Usahakan menggunakan taksi melalui operator

2. Jika terpaksa menggunakan taksi di pinggir jalan, jangan buru-buru, minta tolong untuk membuka bagasi  Continue reading

FacebookTwitterGoogle+LinkedInTumblrShare

KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM –PERUMAHAN RAKYAT NILAI KINERJA PEMERINTA DAERAH

 

Cover Buku Panduan PKPD PU

Gambar 1. Cover Buku Panduan PKPD-PU (www.pu.go.id)

 

Penyediaan Infrastruktur merupakan salah satu faktor pendukung pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Tugas ini tidak hanya diemban oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, tetapi juga membutuhkan peran Pemerintah Daerah (Pemda) yang proaktif dan memiliki inovasi dalam pelayanan infrastruktur.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendorong motivasi Pemerintah Daerah. Salah satunya seperti yang telah dilakukan Kementerian PU sejak tahun 2005 dengan menggelar ajang Penilaian Kinerja di Bidang Pekerjaan Umum (PKPD-PU)

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pembangkit semangat yang berujung pada peningkatan kinerja Pemda dalam melayani kebutuhan infrastruktur di wilayahnya. Meski PemProv, PemKab atau PemKot selama ini terus melakukan pelayanan dan penyediaan infrastruktur pekerjaan umum, Kementerian Pekerjaan Umum menilai capaiannya masih sangat bervariasi.

Penghargaan PKPD-PU dibagi dalam lima sub bidang. Pertama, sub bidang Penataan Ruang dengan kategori provinsi, kabupaten, dan kota. Kemudian sub-bidang kedua  Continue reading

Apakah Shotcrete Itu?

Shotcrete

Gambar 1. Shotcrete (gambar diambil dari :www.fhwa.gov dan www.norchem.com)

Beton merupakan bahan bangunan yang sering digunakan, baca : apakah beton itu?  Selain beton normal, beton dengan campuran dan cara pelaksanaan yang berbeda menghasilkan jenis beton yang berbeda pula, beton tersebut dinamakan beton khusus. Shotcrete merupakan salah beton khusus. Melihat dari namanya shotcrete adalah beton yang cara mengaplikasinya dengan ditembakkan. Shotcrete umumnya digunakan pada pekerjaan pemeliharaan stabilisasi struktur bawah tanah atau struktur beton dengan ketebalan 5 cm hingga 7 cm dalam luasan yang cukup lebar.  Jika shotcrete adalah termasuk sebagai unsur dari sistem pendukung, dapat memainkan peran yang berbeda. Pertama dapat digunakan sebagai lapisan pelindung sederhana untuk menutup batuan eksisting. Shotcrete  juga dapat digunakan sebagai lapisan struktural, di mana ia digunakan dalam kombinasi dengan angkur dan / atau pekerjaan rangkaian pembesian

Tunnel PLTU Peusangan

Gambar 2. Salah Satu tunnel pada PLTU Peusangan (Foto oleh : Eko Septiyanto)

Jenis pencampuran agregat pada shotcrete ada 2 :

1. Campuran kering (Dry mix)

2. Campuran basah (Wet mix)

 

Pada campuran kering, agregat pasir, split tanpa air dipompa ke dalam mesin batching dan mixing ( 1), di lain tempat air dan zat adiktif dicampur (2) ,  kemudian dialirkan digabungkan bersama-sama didalam alat akselerator dan bertemu di nozzle, kemudian ditembakkan ke lokasi dimana beton tersebut akan dikerjakan.

Pada campuran basah, agregat pasir, split, semen, air dan zat adiktif dicampur di dalam mesin batching dan mixing (1), di  suatu wadah kemudian dialirkan udara bertekanan (2) keduanya bertemu dinozzle, siap ditembakkan.

 

Keuntungan campuran shotcrete Continue reading

Apakah Setiap Elemen Bangunan Harus Menggunakan Mutu Beton yang Sama?

Tulisan ini saya dedikasikan untuk pertanyaan panjang dikirimkan oleh seorang teman, yang kemudian saya ringkas menjadi sebuah pertanyaan ringkas.

Mari kita pelajari bersama apakah beton itu?

Definisi beton oleh ASTM C125 (Standart Definition of Terms Relating to Concrete and Concrete Technology), beton adalah suatu komposisi bahan yang terdiri terutama dari media pengikat yang didalamnya tertanam partikel atau  pigmen agregat. Pada beton dengan semen hidrolis, pengikat terbentuk oleh campuran semen hidrolis dan air.

Murdock dan Brook (1999) mengatakan bahwa beton sebagai bahan bangunan dan konstruksi sifatnya dapat ditentukan lebih dahulu dengan mengadakan perencanaan dan pengawasan yang teliti terhadap bahan-bahan yang dipilih.

Menurut Neville (1975), jika suatu campuran beton dipadatkan secara sempurna, maka kuat tekan beton hanya tergantung pada nilai perbandingan antara berat air dan berat semen yang biasa disebut faktor air semen. Pemadatan secara sempurna dimaksudkan untuk menghindari adanya kandungan udara yang berlebihan dalam beton. Kandungan udara yang berlebihan dalam beton akan mengakibatkan beton menjadi bersifat porous atau berongga didalamnya dan beton akan berkurang kekuatannya.

Menurut PBI 1971 (Peraturan Beton Indonesia, 1971) kelas dan mutu beton dibedakan 3 kelas sebagai berikut: Continue reading

Kekuatan Beton ditentukan Menggunakan Kubus atau Silinder?

Pertanyaan ini sering muncul di lapangan. Sebagaimana lazimnya kita mendengar “Beton kami memiliki kekuatan K300” demikian ucap mereka dengan maksud memberikan informasi tentang kekuatan material beton. K 175, K200, K225, K250,K300 atau selebihnya berarti beton kekuatannya dinyatakan dalam benda uji kubus dengan satuan kg/cm2 .

Cetakan benda uji beton

Gambar 1. Aneka Bentuk Cetakan Benda Uji Beton

Pola penyebutan kekuatan beton yang menggunakan istilah “K” dipengaruhi oleh peraturan lama yaitu PBI 1971 (Peraturan Beton Indonesia, 1971) dimana kekuatan material beton dinyatakan dalam benda uji berbentuk kubus. Pada tahun 1992 muncul SNI 03-2847-1992 tentang Tata Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung kemudian pada tahun 2002 menjadi SNI 03-2847-2002  tentang Tata Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung. Maka dengan adanya peraturan baru, peraturan lama seharusnya sudah tidak lagi, apalagi jika dicermati dengan tahun sekarang 2014 terpaut 43 tahun dengan peraturan lama 1971. Sudah tidak  Continue reading

Cinta (Mahabbah)

Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, ternyata sangat besar manfaatnnya untuk kita kaum muslim. Saya pernah membaca sebuah buku yang di dalamnya terdapat kisah tentang pentingnya bershalawat kepada Rasulullah SAW. Namun mohon maaf saya lupa judul buku dan pengarangnya, karena pada saat saya membaca buku tersebut dalam kondisi sedang antri di ruang tunggu. Semoga kisah ini dapat memberikan manfaat kepada kita.

Dikisahkan, seorang dalam mimpi bertemu satu makhluk yang sangat jelek di Padang Sahara. Lalu ia bertanya “ Siapakah kamu?”

“Aku adalah amalan jelek mu” Jawab makhluk jelek itu

“Apa yang dapat menyelamatkan ku dari mu?”

“Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, shalawat itu berada di atas cahaya, di atas ash shirath . Barangsiapa yang bershalawat kepada ku pada hari jum’at sebanyak delapan puluh kali, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya selama delapan puluh tahun”

Ada seseorang yang tidak pernah bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW, lalu pada suatu malam bermimpi bertemu Baginda Nabi SAW. Beliau tidak menoleh kepadanya, oleh karena itu ia bertanya “ Ya Rasul, apakah anda marah kepada saya?”

“Tidak” Jawab Nabi SAW

“Lalu, mengapa Anda tidak memandang saya?” Continue reading

PEMELIHARAAN BETON AGAR MENCAPAI KUAT TEKAN SESUAI YANG DIHARAPKAN

Pembangunan Infrastruktur sering kali melibatkan pembuatan beton pada proses pelaksanaan konstruksinya. Saya pernah menulis bahwa membuat beton dengan kualitas baik tidak sesederhana yang orang awam pikir. Baca lagi tulisan saya : Apakah Campuran Adukan anda sudah benar dan Perancangan Campuran Adukan beton yang baik (sesuai SNI).

Ternyata ada hal penting yang selama ini terlihat sepele tetapi sangat berpengaruh besar terhadap nilai kekuatan beton pada ending nya. Apakah itu? Pemeliharaan, perawatan atau dalam istilah teknik kita sebut curing. Beton yang kita rencanakan dan kita buat dengan penuh ketelitian akan merosot kekuatannya jika selama masa pengerasan beton tidak dirawat.

Fakta di lapangan saya dapatkan, beton dengan perencanaan sama telitinya, satu dikerjakan secara manual sedangkan yang lain dipesan pada produsen batching plant, keduanya telah melalui proses yang teliti saat pelaksanaanya, tetapi pada salah satu jarang melakukan aktivitas curing, dan satunya rutin melakukan curing terhadap beton tersebut, maka hasilnya terlihat pada kekuatan betonnya. Beton tanpa pemeliharaan nilai kekuatannya merosot dari nilai kekuatan yang direncanakan. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya proses pemeliharaan beton sebelum mengeras.

Apa dan bagaimanakah pemeliharaan beton yang baik supaya mendapatkan nilai kekuatan beton sesuai harapan? Mari kita pelajari bersama, Istilah pemeliharaan beton diartikan  Continue reading

Detail Penulangan Pada Sambungan Struktur Bangunan Tahan Gempa

Patah dan Retakan pada Sambungan Struktur dan Dinding RumahGambar 1. Patah pada Sambungan Struktur dan Retakan pada Dinding

Sepanjang sejarah umat manusia, bencana gempa bumi telah menimbulkan banyak korban jiwa dan harta benda. Korban jiwa sebenarnya tidak disebabkan langsung oleh gempa bumi, namun seringkali disebabkan oleh tertimpa reruntuhan bangunan rumah atau gedung. Kerusakan bangunan akibat gempa terutama pada rumah-rumah penduduk satu lantai atau lebih disebabkan antara lain rumah tersebut tidak memiliki rangka beton bertulang, tidak diplester, atau memiliki rangka beton bertulang tapi tidak memenuhi syarat rumah tahan gempa. Pada Kejadian gempa yang terjadi di Indonesia, Liwa (1994), Banyuwangi (1996), Palu (1995), Kerinci (1996), Bengkulu (2000), Alor (2004), Nabire (2004), Aceh (2004), Nias (2005), DIY dan Jawa Tengah (2006), fenomena kerusakan bangunan yang terjadi memiliki banyak kesamaan, yaitu bangunan yang dibuat oleh masyarakat sendiri atau secara komunal, tanpa adanya ilmu dan teknologi bangunan rasional tahan gempa.

 

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas ditambah lagi kondisi letak geografis Indonesia terletak di antara 4 (empat) sistem tektonik yang aktif, maka bangunan di Indonesia harus mampu menahan gempa, bangunan tahan gempa dapat diartikan sebagai suatu bangunan yang dikerjakan dengan memperhatikan kaidah-kaidah struktur dan konstruksi yang benar dalam perencanaan dan pelaksanaanya, pada dasarnya tidak ada bangunan yang dikatakan “TAHAN” seluruhnya terhadap gempa bumi Bangunan Tahan Gempa diartikan paling tidak “MENGURANGI RESIKO AKIBAT GEMPA”. Sedangkan kaidah kaidah bangunan tahan gempa yaitu :



  1. Bila terjadi gempa ringan, bangunan tidak mengalami kerusakan sama sekali.
  2. Bila terjadi gempa sedang, bangunan boleh mengalami kerusakan pada elemen non struktural, tetapi tidak boleh rusak pada elemen-elemen struktural.
  3. Bila terjadi gempa besar, bangunan boleh mengalami kerusakan pada elemen non struktural dan elemen struktural, akan tetapi tidak boleh runtuh, baik sebagian maupun keseluruhan, dan kerusakan yang terjadi dapat diperbaiki. Tidak runtuhnya bangunan disebabkan bangunan bersifat

Dengan demikian pada masyarakat yang ada di wilayah-wilayah gempa kuat, harus memiliki kesadaran akan rancangan bangunan perumahan yang tahan gempa. Norma Standar Pedoman Manual (NSPM) mengenai Rumah Tahan Gempa sebaiknya sudah tersedia sebelum deretan kejadian gempa kuat tersebut

Dasar pembangunan rumah tahan gempa yaitu :

  1. Mutu Bahan Bangunan Yang Baik
  2. Mutu Pengerjaan Yang Baik
  3. Semua Komponen Bangunan, meliputi Pondasi, Sloof, Kolom, Balok, Dinding, Rangka Atap, Atap harus DISAMBUNG SATU DENGAN LAINNYA agar jika terjadi goncangan gempa, bangunan bergetar sebagai satu kesatuan.

 

Contoh detail sambungan seperti pada gambar dibawah ini : Continue reading

Mengapa Kita Harus Sholat?

Kesibukan sehari-hari menuntut kita untuk bekerja dan melakukan aktivitas berpacu dengan waktu. Berbagai macam perasaan berkecamuk pada saat kita melakukan aktivitas sepanjang hari. Kadang pagi hari kita merasa senang dan ceria, siang hari dapat berubah menjadi jengkel dan kecewa, kemudian sore hari dapat berubah menjadi lelah dan marah.

Berbagai macam rasa yang kita terima sepanjang waktu pada akhirnya dapat mempengaruhi hasil akhir kinerja kita. Shalat sebagai bentuk kebaikan Allah SWT dalam memberi akses komunikasi dengan hambaNya. Shalat merupakan hubungan antara hamba dengan Rabb-nya yang wajib dilaksanakan lima waktu dalam sehari semalam, sesuai petunjuk Rasulullah SAW ,sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

Shalatlah, sebagaimana kalian melihat aku shalat. [HR Bukhari].

Melalui shalat, kita diberi kesempatan mencurahkan segala perasaan kita kepada Allah SWT. Kemajuan teknologi, sering kita membaca curahan hati yang ditulis pada sosial media justru berakibat fatal bagi penulisnya. Bahkan tidak jarang orang merasa angkuh pada kedekatan dengan pejabat publik sehingga lebih sering curhat dengan pejabat publik tersebut apakah itu kedekatan dengan kepala lurah, camat, bupati, gubernur atau bahkan presiden. Hasilnya, belum tentu membahagiakan. Padahal, Allah SWT telah memberikan kita kesempatan utntuk mencurahkan segala masalah kita hanya kepadaNya.

Sholat di Masjidil Haram

Beruntunglah orang yang melaksanakan shalat dengan khusyu` dan thuma’ninah. Allah berfirman:

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. (Yaitu) orang-orang yang  Continue reading

Memutus Mata Rantai Pelanggaran Tata Ruang

Bismillahirrohmanirrahiiim

Kalimat-kalimat ini sudah lama ada di dalam benak saya, Hampir 1 tahun bersarang di sana tetapi selalu saya tahan untuk tidak menulisnya. Nurani akhirnya menguatkan jari-jari saya untuk menuliskan hal ini. Berawal dari pengalaman pribadi dan kepedulian terhadap lingkungan. Bosan mendengar keluhan sebagian masyarakat yang tidak sejalan dengan cara hidup mereka terhadap banjir. Banjir, yang selalu menjadi langganan bagi daerah yang sering terkena banjir, banjir yang mulai mengancam daerah-daerah yang dulunya tidak pernah terkena banjir. Bosan terhadap keluhan sebagian masyarakat terhadap pelemahan hukum tetapi mereka (sebagian masyarakat dan sebagian pemangku kebijakan) tidak pernah mematuhi peraturan yang ada.

Bicara tentang banjir, sebenarnya mudah saja logikanya. Air hujan turun ke bumi, pada saat jumlah air hujan yang turun dapat atau mampu diserap oleh tanah dan di alirkan melalui saluran menuju sungai hingga terus menerus berakhir di laut maka tidak akan terjadi banjir. Laju pertumbuhan penduduk dan ekonomi, membuat jumlah permukaan bumi yang dapat menyerap air hujan berkurang. Berubah menjadi permukiman dan gedung. Tersisa sebagian kecil permukaan bumi untuk meresapkan air hujan tersebut. Hanya tinggal saluran dan sungai yang mempunyai tugas berat dalam menyelamatkan kehidupan manusia dari ancaman banjir. Pertanyaannya, Apakah sebagian atau keseluruhan masyarakat dan pemangku kebijakan tersebut sadar akan pentingnya hal ini?

Saluran Terbuka yang Tidak TerurusGambar 1. Saluran Terbuka yang Tidak Terawat

Saluran dan sungai perlu kita perbesar kapasitas daya tampungnya, saluran dan sungai perlu kita jaga kebersihannya, saluran dan sungai perlu kita jaga fungsinya. Pertanyaannya, Apakah kita sudah  Continue reading