Copy Paste Dengan Cara Yang Lebih Ber-ETIKA

Kemarin, saya terkejut tatkala mengunjungi suatu blog pada blogspot.com. Keterkejutan saya adalah hampir sebagian tulisan saya di blog ini pindah ke sana, tanpa ijin tau konfirmasi terlebih dahulu dengan saya, meskipun pada bagian bawah tulisannya dituliskan sumber : dwikusumadpu.wordpress.com

Awalnya saya senang karena berarti tulisan saya disukai oleh pemilik blog tersebut. Tetapi setelah mencermati tulisan demi tulisan saya merasa kecewa luar biasa, karena si pemilik blog ini mengubah judul tanpa seijin saya. Berikut tulisan yang diubah judulnya:

Pada tulisan asli saya berjudul “beton massa” dia ubah menjadi “mengenal beton massa”
Pada tulisan saya berjudul “putih yang tidak selamanya rapuh” dia ubah menjadi “batu putih yang tidak selamanya rapuh”
Pada tulisan asli saya berjudul “Apakah Beton Itu?” dia ubah menjadi “Beton Adalah…”
Dan, entah… Berapa tulisan yang dia ubah tanpa seijin saya..

Jika pada beberapa tulisan saya terdapat tulisan Note : Jadilah pembaca yang baik, jika anda menganggap tulisan saya bermanfaat silahkan dicopy atau anda sebar luaskan. Tentunya tetap mencantumkan sumbernya. Hargailah kekayaan intelektual seseorang, maka orang lain pun akan menghormati anda. Jika anda suka dengan tulisan saya mohon klik suka atau like pada blog ini, apresaiasi anda mendorong semangat saya untuk terus menulis.

Sebagai renungan, anda dalam keadaan haus bertemu suatu telaga, kemudian anda mengambil airnya ke dalam botol.  Pada kasus ini anda bisa bilang “air ini bersumber dari telaga”
Berbeda dengan jika anda mengambil seluruh air telaga tersebut dan memindahkan ke suatu tempat, maka anda harusnya bilang ” Air ini adalah air telaga, bukan lagi bersumber dari”

 Dalam tulisan sayapun mencantumkan sumbernya, tetapi bukan berarti saya memindahkan isi dari sumber tersebut secara utuh, glondongan seperti itu.  Kalau itu sich namanya menjiplak alias mencontek.  Dari sisi apresiasi terhadap tulisan saya pun tidak ditunjukkan orang tersebut, tidak ada klik suka atau like dari nya. Tetapi tulisan saya kok bisa pindah sedemikian banyak ke blognya dia? Ini maksudnya suka dengan tulisan saya atau hanya ingin memanfaatkan tulisan saya?

Sangat tidak masuk akal pada bulan Juni 2014 dia dapat menulis sebanyak itu, sedangkan saya menulis membutuhkan inspirasi, membaca, mempelajari sumbernya, dan mengumpulkan dokumentasi yang sinkron dengan topik yang saya tulis.

Untuk selanjutnya saya mohon bagi para pembaca blog saya, apabila anda suka dengan blog saya, tolong tunjukkan kesukaan anda tersebut dengan mengklik suka atau like, jika anda hendak mengcopy hendaknya dengan etika paling tidak ijinlah terlebih dahulu, jika anda ingin menyalinnya secara utuh tolong gunakan fasilitas REBLOG.

Bagi pembaca yang penasaran siapa pelakunya, silahkan ketik keyword tulisan saya yang sudah diubah dia, kemudian anda tambah keyword blogspot pada pencarian google, maka anda akan mengetahui nama blog yang telah mencopy utuh-utuh tulisan saya.

Ada Beberapa kalimat dari www.dadangkadarusman.com yang saya suka berikut ini:

Guru mengaji saya mengajarkan bahwa Allah menciptakan segala sesuatunya dengan hikmah. Maknanya, segala sesuatu yang ada dimuka bumi ini ada manfaatnya.

Jika ada hal yang belum terasa manfaatnya, bukan berarti tidak bermanfaat. Kitanya saja yang belum bisa menemukan manfaatnya. Itu berlaku untuk segala hal.

Mari belajar memanfaatkan daya diri yang kita miliki. Supaya jadi produktif dan menambah nilai hidup kita. Dan supaya Allah semakin senang pada kita. Karena sudah menjadi pribadi yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan kita. Aamiin.

(Ini yg saya maksud meng-copy bukan menjiplak, saya ambil sebagian dari www.dadangkadarusman.com tetapi selebihnya saya olah sendiri, tentunya dengan terlebih dahulu saya ijin kepada www.dadangkadarusman.com)

Silahkan anda kunjungi www.dadangkadarusman.com ada banyak artikel menarik di sana.

FacebookTwitterGoogle+LinkedInTumblrShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *