KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM –PERUMAHAN RAKYAT NILAI KINERJA PEMERINTA DAERAH

 

Cover Buku Panduan PKPD PU

Gambar 1. Cover Buku Panduan PKPD-PU (www.pu.go.id)

 

Penyediaan Infrastruktur merupakan salah satu faktor pendukung pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Tugas ini tidak hanya diemban oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, tetapi juga membutuhkan peran Pemerintah Daerah (Pemda) yang proaktif dan memiliki inovasi dalam pelayanan infrastruktur.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendorong motivasi Pemerintah Daerah. Salah satunya seperti yang telah dilakukan Kementerian PU sejak tahun 2005 dengan menggelar ajang Penilaian Kinerja di Bidang Pekerjaan Umum (PKPD-PU)

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pembangkit semangat yang berujung pada peningkatan kinerja Pemda dalam melayani kebutuhan infrastruktur di wilayahnya. Meski PemProv, PemKab atau PemKot selama ini terus melakukan pelayanan dan penyediaan infrastruktur pekerjaan umum, Kementerian Pekerjaan Umum menilai capaiannya masih sangat bervariasi.

Penghargaan PKPD-PU dibagi dalam lima sub bidang. Pertama, sub bidang Penataan Ruang dengan kategori provinsi, kabupaten, dan kota. Kemudian sub-bidang kedua  yaitu Sumber Daya Air dengan kategori provinsi , kabupaten dan kota. Sub bidang ketiga yaitu Bina Marga dengan kategori provinsi, kabupaten dan kota. Sub bidang keempat Cipta Karya mencari yang terbaik di tingkat kota metropolitan, kota sedang/kecil, sampai kabupaten dalam penyediaan prasarana dan sarana permukiman. Sedangkan sub bidang kelima adalah Jasa Konstruksi dengan kategori provinsi dan kabupaten.

Kementerian Pekerjaan Umum telah membentuk tim juri PKKD-PU 2014 yang terdiri dari segenap jajaran pejabat kementerian dan Direktorat Jenderal terkait, para akademisi dan profesional. Tim PKPD-PU ini akan mengevaluasi dengan prinsip transparansi, partisipatif dan akuntabel dalam menelaah aspek fisik dan non fisik yang telah ditetapkan untuk tiap-tiap bidang serta sub bidang. Demi memverifikasi informasi yang didapat, Tim PKPD-PU juga melakukan kunjungan langsung ke daerah-daerah yang masuk ke dalam daftar pendek (shortlist) penilaian demi pemutakhiran data.

SATU DEKADE PKPD-PU

Tahun ini PKPD-PU telah memasuki penyelenggaraan yang kesepuluh kalinya. Selama satu dekade tersebut, banyak dinamika yang dirasakan. Selain peran masyarakat semakin banyak dilibatkan, pemerintah daerah juga semakin proaktif dan kreatif dalam meningkatkan pelayanan infrastruktur daripada sekedar ingin tampil sebagai juara. PKPD-PU semakin dirasakan sebagai model pembinaan, atau menjadi media pembelajaran bagi para pemangku kepentingan bidang infrastruktur pekerjaan umum di daerah, para elite politik, birokrasi, swasta dan masyarakat tentang bagaimana infrastruktur Pekerjaan Umum dikembangkan dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dan berperspektif nasional.

Ada kesan kuat kuat bahwa Pemerintah Daerah kini semakin antusias dalam mengikuti PKPD-PU. Antusiasme tersebut dapat dibuktikan melalui grafik jumlah peserta yang naik setiap tahunnya. Disisi lain, prestasi, kreativitas dan inavasi daerah di bidang-bidang yang dikompetisikan juga semakin berwarna. Banyak perspektif dan horizon baru yang mereka tunjukan dalam penyelenggaraan infrastruktur bidang Pekerjaan Umum.

PenilaianPKPD-PU dimulai sejak Februari 2014 dan akan menyentuh puncaknya pada malam penganugerahan yang akan berlangsung Desember 2014. Semoga pelaksanaan kegiatan ini dapat merefleksikan motto Kementerian Pekerjaan Umum yaitu bekerja keras, bergerak cepat dan bertindak tepat

 

Ditulis kembali dari :

Media Indonesia, 5 Desember 2014/No 12271/Tahun XLV

FacebookTwitterGoogle+LinkedInTumblrShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *