Tentang Saya

Bismillahirrohmanirrohiiim…

Saya menulis… Semoga tulisan-tulisan saya di blog ini membawa berkah dan  manfaat bagi yang pembaca.

Nama Lengkap saya, Dwi Kusuma Sulistyorini. Lahir di Kabupaten Blora Propinsi Jawa Tengah pada tanggal 28 Februari 1981. Saya menimba ilmu tentang Teknik Sipil Strata 1 (S1) di Universitas Islam Sultan Agung tahun 1999 hingga tahun 2003 dan mendapatkan gelar S.T (Sarjana Teknik). Pada tahun 2004 saya mulai bekerja pada Pemerintah Kabupaten Blora, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Blora. Pada tahun 2010 saya melanjutkan study Teknik Sipil dan Lingkungan, Magister Teknologi Bahan Bangunan Strata 2 (S2) di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta melalui Program Beasiswa Kementerian Pekerjaan Umum, dan berhasil menyelesaikan study pada tahun 2012 dengan mendapatkan gelar Master Of Engineering (M.Eng).

Saat ini saya masih aktif bekerja pada Pemerintah Kabupaten Blora, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Blora, Sebagai STAFF Bidang Cipta Karya (2004 sampai dengan 2014).

Alasan saya untuk menulis sebagian diantaranya adalah kalimat-kalimat berikut: Jika kamu bukan anak raja, juga bukan anak ulama besar, maka menulislah (Imam Al Ghazali), Semua Penulis akan meninggal, hanya karyanyalah yang akan abadi sepanjang masa, maka tulislah yang akan membahagiakan dirimu di akhirat nanti (Ali bin Abi Thalib), Tinggalkan jejak mu di dunia dengan torehan kata, tinta, lisan dan pedang (Nadhya Shafwah).

Jika anda menyukai dan menganggap tulisan saya bermanfaat, anda boleh mengcopy (mengutip) dan menyebar luaskan dengan ijin saya terlebih dahulu. Jika anda menyukai, menganggap tulisan saya bermanfaat dan anda tertarik dengan tulisan saya secara utuh, anda bisa menggunakan fasilitas REBLOG. Jika anda merasa tulisan saya perlu koreksi, anda juga boleh menuliskan saran dan masukan pada kolom komentar. Dengan begitu anda telah menghargai kekayaan dan karya intelektual seseorang. Anda juga dapat mengapresiasikan kesukaan anda terhadap tulisan saya dengan meng-Klik tombol Suka. Dengan begitu anda akan mendorong semangat saya untuk terus menulis.

Selamat membaca..

FacebookTwitterGoogle+LinkedInTumblrShare

16 thoughts on “Tentang Saya

  1. Assalamu Alaikum
    Salam kenal. Sy lagi mencari data tentang tata cara pembuatan IPAL bahan beton yg benar. Mungkin bapak bisa membantu sekiranya punya data file CAD kalau ada tentang cara pembuatan IPAL beton.
    Terima kasih

    Jufri Rombe
    085315877773

  2. Dear ibu Dwi,

    Mohon bantuannya untuk penghitungan beton project beach house saya di Pangandaran.
    Tapak = 140CM x 140CM x 50CM, 9 titik
    Sloof = 20CM x 40CM x 1.000CM, 6 titik
    Bodnek = P:1.000CM x L:1.000CM x T:15cm

    Terima kasih untuk bantuannya.

    Salam,
    Gunarta
    0819.0525.1616
    081.1913.1616

  3. Selamat malam bu…

    Salam kenal sebelumnya, nama saya yudho hari wicaksono bekerja di salah satu kontraktor dibalikpapan.
    Sekarang saya ada problem mengenai pengetesan beton untuk kuat tekan.
    Hari ini saya melakukan test beton untuk K225 umur beton 10 hari, hasil test max load nya 220 (Kn) Max Load 22,264 (Kg) Compres strength 133,480 age corection 28 day 0,799 menjadi 167,148. yang saya tanyakan :
    1. Untuk mix design sudah mengacu pada BSN K225 (f’c 19,3 Mpa), mat.pasir lokal, koral ex.palu semen tonasa. dengan komposisi 1 m3 : 7,5 Zak semen, 0,78m3 koral dan 0,5m3 pasir. Air kira 5,5 ember dengan volume 4,8 liter/ember.
    2. Silinder mengunakan Pipa 6″, jadi luas penampang 0,15*3,14*16*16 = 200,96mm.
    3. Pada saat pengambilan sample silinder, pipa PVC 6″ tidak dilakukan pembukaan sehingga direndam dalam air masih dengan PVC nya.
    4. Proses pembukaan PVC pagi tadi dan langsung dilakukan pengetesan dan hasil drop.
    Pertanyaan saya, :
    1. Apakah proses pembukaan PVC tadi mempengaruhi hasil nya?
    2. Apakah sehari sebelum dilakukan pengetesan silinder beton harus terkena sinar matahari?, menginggat pada saat pengujian benda uji masih basah.
    3. Apakah mengunakan PVC sebagai media cetak mempengaruhi benda uji?
    4. Apakah jika material tersebut saya lakukan penjemuran akan bisa mempegaruhi hasil pengujian pada 14 hari, 21 atau 28 hari?

    Mohon bisa dibantu penjelasannya. Terima kasih banyak.

    • Mohon jangan panggil saya dengan sebutan Pak.. Karena saya wanita..

      Silahkan mengcopy materinya tetapi jangan lupa dicantumkan sumbernya ya, semoga bermanfaat

  4. Salam kenal Ibu Dwi, saya Bayu kelahiran Blora dan sama-sama menekuni bidang teknik sipil juga
    Membaca pendidikan Ibu pernah menempuh program Magister 2010 -2012 di UGM sama dengan saya cuma saya ngambil program Master di Pengairan. 😀

    • Salam kenal kembali Pak Bayu Nugroho..
      Alhamdulillah, kita berangkat dari daerah yang sama dan mendapat kesempatan menimba ilmu di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
      Suatu kebanggaan yang patut kita syukuri bersama ya Pak?

      Semoga ilmu yang kita peroleh dapat diaplikasikan dan bermanfaat bagi kesejahteraan Blora dan Negara Republik Indonesia
      Aaamiin.. Aamiiin.. Ya Rabbalalamiin.. Semoga Allah meridhoi..

  5. Maaf Bu, saya langsung bertanya sedikit saja.
    SNI nomor berapa kah yang mengatur tentang tata cara perhitungan analisa harga satuan pekerjaan beton yang mencantumkan beton campuran 1:2:3 dan campuran 1:3:5? Di SNI 2002, 2007, 2008 ttg beton tidak disebutkan campuran 1:2:3 maupun 1:3:5 dg perbandingan volume, langsung dengan mutu beton yg satuannya MPa. (atau K…) dg perbandingan berat bahan .

  6. Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh;
    Sungguh saya terharu membaca “kata perkenalan” Anda ini. Tergugah nurani saya untuk meninggalkan komentar di sini. Semoga Allah SWT senantiasa mengiringi perjalanan hidup Anda dan keluarga, serta tetaplah istiqomah dalam berbagi ilmu yang bermanfaat melalui blog ini, ataupun melalui kemahiran yang Allah titipkan pada Anda. Kerendahan hati Anda adalah kekayaan yang tiada tara, keikhlasan Anda adalah cahaya bagi setiap insan yang merindukan karya-karya Anda.
    Saya yakin, InsyaAllah, Anda akan menjadi tokoh yang sukses di masa depan, serta menjadi kebanggaan keluarga dan Bangsa kita. .Aamin ya Mujibassailin.

    • Wa alaikum salam Wa rahmahtullahi wa barakah

      Pak Maksum Abdul Hamid, Terima kasih atas kunjungan anda di Web saya..
      Aaamiin.. Aamiin.. Ya Rabbal alamin.. Terima kasih juga saya ucapkan untuk doa dan support, Doa yang sama saya panjatkan untuk anda sekeluarga.. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan kesehatan dan kesuksesan untuk anda.. Aamiin..

  7. assalamualaikum, salam kenal bu, . saya mahasiswa t.sipil lgi butuh ACI 522R 10 tentang pervious concrete untuk refensi skripsi. bisa bantu saya dapetin ACInya? atau bisa kasi tau alamat situs yang ngasih ACI free download? terima kasih. mohon bantuannnya

  8. Assalamualaikum, saya pelaku konstruksi. Ada sedikit ganjalan, menurut saya perilaku pengadaan beton readymix yang tanpa diperkuat oleh nota kontrak berkekuatan hukum termasuk dalam transaksi gharar (https://www.alsofwah.or.id/cetakekonomi.php?id=128&idjudul=118), ato dalam istilah yg lebih umum bagi kita adalah transaksi kucing dalam karung. Kita tahu menurut syari’ah Islam, transaksi gharar ini haram hukumnya. Saya udah google tentang ini, pengadaan readymix yang terjamin, tetapi tidak menemukan artikel yang saya butuhkan. Dapatkah Ibu/Bapak memberikan referensi tentang ini? Terimakasih.

    • Wa alaikum salam.. Terima kasih atas kunjungan anda di web saya, Pak Wildan Arief..
      Menarik sekali topik yang anda sampaikan, Pak.. Menurut saya, disinilah pentingnya mix design dan job mix..
      Pengadaan beton ready mix, sebaiknya dicermati dulu hal hal sebagai berikut :
      1. Mix design komposisi bahan yang akan dicampur menjadi adukan beton. Apakah sudah sesuai dengan komposisi dengan kriteria beton yang dipesan? Ketelitian ini harus dimiliki pemesan beton ready mix. (Hal ini terjadi di atas kertas)
      2. Proporsi bahan bangunan yang diaduk dicampur menjadi adukan beton harus diambil, diujikan, dan menjadi rujukan bahwa seperti inilah nantinya sample beton yang akan dipesan.. Kesesuaiannya dapat dilihat dari hasil laboratorium. Hal ini seharusnya dilakukan oleh pihak produsen beton ready mix. Kita sebagai pemesan boleh memintanya.
      3. Hal yang harus dicermati bersama (produsen dan konsumen) jarak tempuh pengangkutan beton menuju lokasi, waktu dan jarak tempuh akan mempengaruhi setting time dari beton.
      4. Pada saat beton tiba di lokasi, pemesan harus mengawalnya dengan cermat, beberapa oknum sering menambahkan air sehingga faktor air semen akan naik dan berpengaruh pada kualitas beton. Mintalah uji slump dan ambillah sample beton untuk diujikan sehingga akan terlihat kualitasnya.

      Sederhananya sama halnya kita memesan kue atau masakan di catering. Tentu kita akan menyampaikan masakan dan kue seperti apa yang akan kita pesan? kemudian jika catering menyangkupi, maka kita akan meminta sample untuk mencicipinya apakah sudah sesuai dengan yang kita pesan? Dan ketika masakan atau kue pesanan telah datang, tentu kita akan mencicipinya.. Apakah sesuai dengan sample atau yang kita pesan?

      Istilah membeli kucing dlam karung Insya Allah tidak akan terjadi jika sejak awal pemesanan sudah dicermati.
      Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat..

  9. assalamualaikum,
    salam kenal bu, saya aprindra priaji, mahasiawa dari teniknik sipil unnes,
    saya mau tanya bu, di blog ibu yg satunya, yg judulnya “cara menghitung kebutuhan panjang besi sengkang”, disitu kan terdapat rumus “= 4 * ((lebar sisi kolom) – (tebal selimut beton)) + 4 * (panjang tekukan pada empat sudut dengan rumus 2,5 * diameter tulangan yang dipakai) + 2 (panjang kait dengan rumus 6 * diameter tulangan yang dipakai)”,
    saya ingin tanya, (panjang tekukan pada empat sudut dengan rumus 2,5 * diameter tulangan yang dipakai)
    2,5 itu dari mana ya bu? mengacu pada buku apa rumus itu? terimakasih

    • Wa’alaikumsalam, Mas Aprinda..
      Terima kasih atas kunjungan anda di web saya, maaf baru sempat membalas pertanyaan anda. Saya mengacu pada Buku memnagun Rumah Tembokan Sederhana Tahan Gempa Cetakan kedua World Seismic Safety Initiative Karya Teddy Boen Tahun 2005.

      Demikian, semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *